belajar bordir manual mahir (HAND EMBROIDERY) bunga anggrek semi realis....



Assalamualaikum warohmatulloh wabarokatuh.
Anggrek Bulan atau puspa pesona adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Anggrek bulan bukan hanya kesohor karena keindahannya saja namun juga nilai ekonomisnya. Pada tulisan saya di seri bordir manual semi realis episode ke 8 ini saya sudah siapkan khusus bagaimana prosesnya jika bunga satu ini dijadikan sebagai bahan untuk motif bordiran, dan setelah butuh beberapa saat lamanya akhirnya sebuah skets motif yang terdiri dari satu rumpun daun, beberapa bunga mekar tampak depan dan tampak samping, kemudian ada beberapa juga bunga setengah mekar dan kuncup-kuncup pun selesai saya buat.
Langkah selanjutnya adalah masuk ke pemilihan warna benang yang mau kita gunakan. Disini saya memilih memnggunakan warna bernuansa ungu muda sebagai warna untuk bunganya, saya ambil empat gradasi warna dari ungu yang agak tua sampai yang paling muda. Kemudian saya memilih tiga warna benang lagi untuk bagian daun dan tangkainya, bernuansa hijau agak gelap, dan ditambah satu lagi warna BW untuk bunga bagian tengahnya.

Gambar warna benang yang mau digunakan















Setelah semua benang sudah siap maka langkah selanjutnya masuk ke proses bordir. Untuk proses bordir biar lebih jelas visualisasinya para membaca bisa nonton video di bawah ini.





Dan di bawah ini adalah contoh-contoh hasil bordiran sebagai gambaran jika hasil bordiran tadi di terapkan ke dalam busana wanita








Komentar