TUTORIAL/CARA BELAJAR BORDIR MANUAL UNTUK PEMULA/ DASAR, lengkap dan detail

      Tak dapat dipungkiri memang dari tahun ketahun dari masa kemasa perkembangan dunia bordir kian tak terbendung. Dari yang semula awal kemunculannya hanya menggunakan mesin kejek (mesin jahit kecil yang dimodifikasi) hingga sekarang sudah menggunakan sistem komputerisasi. Dari yang awalnya hanya sebagai kerajinan rumahan sekedar penambah pemasukan uang dapur bagi kaum ibu, hingga kini telah jadi komoditi andalan bagi para pengusaha besar dibidang konfeksi, seni bordir tetap tak pernah pudar daya tariknya. Dulu..mungking kreasi-kreasi hasil para pembordir seakan hanya pantas jika dipadukan dengan busana-busana kaum hawa saja dan busana-busana tertentu saja, tapi kini..kita bisa lihat di jaket, sepatu dan bahkan dibaju jersey para olahragawan top dunia banyak yang menggunakan aplikasi bordir.

      Dan apa salahnya untuk jenis keterampilan yang satu ini, yang murah alatnya, yang sangat mudah dipelajarinya kita mampu melakukannya sendiri. Sayang kan bakat yang kita miliki ini jika tidak kita salurkan. untuk kita yang punya bakat menggambar atau melukis kita dapat membuat kreasi baru dengan membuat lukisan menggunakan benang lihat contoh video di bawah;

 

 

  dan buat para ibu daripada bengong nugguin suami pulang kantor kalau bisa membordir kan bisa berkreasi dengan membuat sarung bantal sofa misalnya, taplak meja atau bahkan souvenir dari saputangan.. kan asyik. ya gak..? 

      Nah bagaimana, tertarik belajar bordir? silahkan ikuti cara-caranya dibawah ini  

Tutorial belajar bordir manual tingkat dasar

- pengenalan mesin bordir

     Ada beberapa hal yang perlu kita pahami terlebih dahulu sebelum kita memulai belajar bordir. Salah satu diantaranya adalah kita harus faham seluk beluk tentang mesin bordir itu sendiri, bagaimana mengatur alur benang supaya tidak putus-putus ketika sedang dijalankan. kita bisa jadi akan kesal sendiri menghadapi mesin bordir yang benangnya sebentar-sebentar putus jika tidak faham solusinya. berikut adalah gambar bagian-bagian mesin bordir:


gambar tampilan mesin bordir


       Bagi yang belum tahu, sekilas tampilan mesin bordir memang sangat mirip dengan mesin jahit, tapi jika dilihat detailnya maka akan nampak jelas perbedaannya. seperti misalnya jika pada mesin jahit fungsi pedal yang terletak tepat pada paha kita adalah untuk mengangkat dan menurunkan sepatu, sedangkan pada mesin bordir fungsinya adalah untuk membuat/membuka langkah jarum menjadi lebar (zig-zag) atau sebaliknya.

      Garis merah menunjukan jalur benang menuju jarum jika kita memutuskan untuk tidak menggunakan tempat meletakan benang bawaan pabrik.


gambar tampak depan

            Garis merah adalah detail jalur benang, setelah melewati sumbu botol yang berisi minyak/ oli mesin, lalu melewati satu lubang lagi kemudian turun ke cpet lalu dikaitkan ke kawat penarik kemudian keatas masuk ke lubang pemantul barulah turun dan masuk kelubang jarum. Hal ini kelihatanya spele tapi justru disinilah hal pentingnya. Karena biasanya hasil bordiran yang benangnya nampak kusam ( tak mengkilap) penyebabnya diantaranya adalah kekencang benang dari atas tidak seimbang dengan kekencangan benang dari bawah (benang palet). Atau ada juga yang hasil bordiranya keras/ kaku tidak halus / lemas, ini penyebabnya adalah penyetelan kawat penarik terlalu kuat, atau sebaliknya jika terlalu kendor maka hasil bekas bordiranya benangnya akan ngambul tidak rapi.

gambar mesin bagian belakang

      Fungsi botol berisi minyak / oli mesin yang diberi sumbu adalah untuk membasahi benang dengan minyak / oli mesin supaya ketika kita membordir benang tidak terlalu sering putus.   

          Kadang kala saat kita membeli mesin bordir baru dari toko, setelan jarum suka tidak pas / langkah jarum tidak bisa membuat garis lurus ( suka ada zig-zagnya sedikit), nah disinilah fungsi baut pengatur langkah jarum bisa kita atur sedikit-sedikit dengan cara mendorong atau menarik bautnya.

 

 gambar kerancang, tempat menaruh 
skoci dan palet 

      Demikian saya kira cukup untuk sesi pengenalan sebagian tentang mesin bodir manual dan detail-detail komponennya. Selanjutnya saya akan mulai saja tutorial belajar bordir manuallangkah demi langkahnya.



gambar skoci dan palet

 

      Sebelum menyalakan mesin pastikan posisi duduk kita sudah tepat di depan mesin, jangan terlalu jauh atau terlalu dekat, perkirakan saja jaraknya pas untuk kita menumpukan lengan diatas meja mesin saat mesin mulai dijalankan nanti. Selanjutnya nyalakan mesin, tunggu sesaat hingga nyala mesin stabil. Lalu siapkan kain yang sudah terpasang dengan pemidangan.

 

gambar pamidangan

      

      Gunakan pamidangan berdiameter kecil dulu untuk mempermudah kita belajar. Dengan menggunakan pamidangan berdiameter kecil maka akan terasa ringan untuk menggeser atau mendorongnya saat mesin sudah berjalan.

      Beberapa hal terkadang muncul saat awal-awal kita baru menjalankan mesin, diantaranya adalah pamidangan suka terasa berat saat ditarik,didorong atau digeser, ini ada beberapa macam penyebabnya;

- baut skoci terlalu kenceng, atau kurang kendor.

- meja mesin lembab, solusinya adalah dengan menaburi bedak powder supaya jadi licin. 

- lengan kita memang masih kaku, solusinya terus berlatih supaya tidak kaku lagi.

       Jalankan mesin tanpa dipasangi benang terlebih dahulu untuk melatih kelenturan pergelangan tangan kita, setelah dirasa cukup barulah dengan menggunakan benang. Selanjutnya mulailah dari yang paling mudah, misalnya dengan membuat garis, lingkaran-lingkaran dan lain sebagainya.

     Hal yang umum, biasanya para pembordir pemula akan merasakan sangat kesulitan garakan tangannya  mengikuti garis motif, membentuk sesuatu atau bahkan hanya membentuk garis lurus saja. Maka untuk mengatasi hal itu caranya adalah dengan menjadikan kedua lengan kita sebagai tumpuan. Topangkan dua ujung sikut kita diatas meja maka batas pergelangan hingga ujung jari akan merasa kokoh dalam mengatur gerakan pamidangan. 

 

macam-macam teknik/cara membordir

 

1. membordir dengan cara diseret (seretan)

      Cara ini bisa dibilang cara paling dasar karena paling mudah dilakukan. Pembordir hanya dituntut untuk fokus pada gerakan tangan saja supaya laju jarum dapat mengikuti garis motif. Dan jika ingin mendapatkan hasil bordiran yang tidak kaku/keras kita tinggal mengatur saja supaya tarikan benang dari atas ( cpet ) maupun dari bawah ( skoci ) jangan terlalu kuat dan laju mesin jangan terlalu cepat. Cara yang satu ini memakan waktu paling lama dalam proses pengerjaannya sehingga jarang digunakan untuk jenis produksi dalam jumlah banyak. Lihat video membodir cara diseret di bawah:

 



video membordir dengan cara diseret

     

2. membordir dengan cara ditutup (tutupan)

      Cara ini mungkin  yang paling banyak digunakan oleh para pembordir pemula dan para pemilik industri bordir rumahan, karena disamping caranya yang mudah dipelajari, proses pengerjaannya juga tidak memakan waktu lama. 

      Membordir dengan cara tutupan adalah, kita menjalankan mesin dengan posisi langkah jarum dibuka mengggunakan sentuhan pada paha sehinggga bekas langkah jarumnya akan membentuk garis tebal/ lebar. Berbeda dengan cara seretan, bordir cara tutupan membutuhkan dua fokus sekaligus saat sedang menjalankan mesin. Tangan kita fokus menggerakan pamidangan, membentuk dan mengikuti motif, sementara kaki harus mengatur tebal tipisnya garis.

      Satu hal penting yang harus diingat bagi para pembordir pemula adalah jangan pernah terpaku pada aturan baku ketika sedang membordir seperti, dititik ini harus tebal garisnya dititik ini harus tipis misalnya. Pokoknya jalankan saja sesuai kreasi yang ada di kepala kita, sambil sesekali melihat referensi dari hasil karya pembordir yang sudah mahir. Lihat contoh membordir cara ditutup di bawah;

video membordir dengan cara ditutup

 

 

3. Membordir dengan cara gacluk biasa

      Membordir dengan cara gacluk biasa adalah ketika sedang membordir langkah jarum dibuat terbuka dengan menggunakan sentuhan paha. Hal ini dilakukan untuk menutup dengan cepat suatu ruang sehingga akan membuat suatu bentuk tertentu. Satu hal perlu diingat saat membuat gaclukan biasa adalah harus sabar saat menggeser laju jarum, tidak bisa langsung meloncat jauh tapi harus digeser sedikit demi sedikit supaya hasilnya rapi dan halus. Selain dijadikan variasi pada busana, Jenis bordiran seperti ini biasanya paling banyak digunakan pada pembuatan nama/beth dan logo-logo. lihat contoh membordir cara gacluk biasa di bawah;  

 

video membordir dengan cara gacluk biasa

 

4. membordir dengan cara gacluk puter

      Sesuai dengan namanya gacluk puter, membordir dengan cara ini adalah kita membordir dengan cara digacluk seperti cara 3 diatas, akan tetapi pada saat yang sama kita juga  harus sambil memutar pamidangannya. Hal ini dimaksudkan agar bekas langkah jarum ketika melewati garis motif yang berbentuk lengkungan arah serat benangnya tidak patah, selalu sejajar dan tidak saling menimpa. Membordir cara ini biasanya hanya mampu dilakukan oleh pembordir yang sudah mahir saja, karena pada saat membordir fokus kita tidak hanya tertuju pada langkah jarum sambil memutar pamidangan saja, tetapi juga pada gerakan paha saat membuka- tutup dan kaki saat menginjak gas dan rem. Lihat contoh membordir cara gacluk puter di bawah:

 

video membordir dengan cara gacluk puter

 

      Demikian ulasan tentang belajar bordir untuk pemula / dasar serta beberapa teknik dan jenis-jenis bordiran, semoga bermanfaat. Terima kasih.

     

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

  1. Kalau memasang layang2 sekoci ke posisi awal gimana ya??

    BalasHapus
  2. membordir tanpa pake pemidangan gmana caranya pak?trima kasih..

    BalasHapus
  3. makasih telah berbagi ilmunya sangat bermanfaat sekali
    thank's buat infonya,,

    BalasHapus
  4. Ready stock guys!!!

    Mesin bordir komputer,
    Merk Azura, Tersedia 1 kepala 2 kepala, s/d 20 kepala. 9 jarum/warna.

    Terlaris..!!!
    Azura, 2 kepala.
    Area bordir 40cm x 40cm.
    Bisa untuk bordir baju jadi / topi jadi.

    Garansi spareparts 1th, free jasa service 5th. Free biaya training operasional. Free biaya ongkos kirim khusus pulau jawa.

    Pembayaran : Cash / Kredit.
    HP/WA : 0858-7795-2370

    www.irfan-azura.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar